Posted by : Unknown Wednesday 12 February 2014

Gambar Kamuflase Pada Bunglon, Foto: sabdaspace.org

Kamuflase adalah sebuah metode penyamaran yang bisa berupa perubahan bentuk, warna, rupa, sikap, suara dan sebagainya yang bertujuan agar tidak/sulit dikenali oleh pihak lain. Istilah "kamuflase" awalnya dibawa oleh Belanda yang berasal dari bahasa Perancis kamoufler yang artinya menyamarkan.

Kamuflase bisa muncul secara alami maupun dibuat oleh manusia. Pada hewan, kamuflase muncul secara alami. Misalnya binatang bunglon. Hewan ini bisa berubah warna menyamai tempat dimana dia hinggap. Misalnya jika dia hinggap di atas daun, maka bunglon akan berwarna hijau daun. Dan jika berada di atas tanah maka dia akan berubah warna kecoklatan seperti tanah.

Hewan bunglon ini bisa berubah warna apa saja secara alami sesuai dengan tempat yang dihinggapinya, tetapi sebenarnya dia memiliki warna asli, yaitu kebanyakan berwarna hijau. Namun banyak jenis bunglon yang memiliki warna lain sebagai warna aslinya.

Ular tanah memiliki warna mirip seperti tanah. Ini merupakan kamuflase alami yang juga dimiliki oleh semua satwa lainnya. Setiap hewan dirancang memiliki warna yang mirip dengan habitatnya. Hal ini berfungsi untuk menyelamatkan diri dari ancaman predator atau pemangsa, maupun agar tidak diketahui oleh calon mangsanya.

Kamuflase yang dibuat oleh manusia misalnya adalah seragam militer. Tentara Indonesia memiliki seragam dengan corak warna loreng yang sesuai dengan alam di Indonesia. Berbeda dengan seragam militer pasukan di negara-negara timur tengah yang merupakan daratan padang pasir, maupun negara-negara bersalju.

Terkadang kendaraan militer diberi dedaunan di atasnya. Wajah prajurit diberi warna hitam seperti arang dan bajunya diberi rerumputan. Semua ini bertujuan sebagai kamuflase.

Kamuflase buatan manusia tidak berbeda dengan kamuflase pada binatang. Keduanya berfungsi untuk menyamarkan diri agar tidak dikenali atau diketahui oleh musuh. Dengan menggunakan kamuflase, paling tidak resiko dilihat oleh musuh akan berkurang. Kamuflase lebih sering diartikan sebagai upaya penyamaran yang bertujuan untuk menyelamatkan diri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Taufik Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -