Posted by : Unknown Friday 28 February 2014

Pengertian dan Fungsi Printer Komputer - Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar.

Pengertian Printer

Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

Pengertian Printer Komputer

Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.

Fungsi Printer Komputer

Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.
Berikut adalah jenis-jenis printer yang sering kita jumpai:

1. Printer Inkjet
Printer Inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang terdiri dari berbagai warna. Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar yang mepunyai banyak warna (Colour full). Beberapa merk printer jenis ini yang sering kita jumpai adalah: Cannon, Epson dan lain-lain.

2. Printer Laserjet
Printer Laserjet merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk sebagai tintanya sehingga printer ini hampir sama dengan mesin foto copy. Printer ini mempunyai kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan printer yang lain. akan tetapi printer jenis ini hanya mampu mencetak satu warna saja.

3. Printer Dotmatrik
Printer Dotmatrik adalah printer model lama yang masih sering dipakai pada saat ini. printer ini menggunakan tinta cetak kertas karbon sehingga kualitas cetakan dari printer ini tak sebagus printer jenis yang lain. Printer model ini masih sering kita jumpai di supermarket atau toko yang menggunakan printer ini untuk mencetak struk hasil pembelian. Kelebihan dari printer ini adalah lebih hemat kertas dan listrik sehingga sangat efisien untuk digunakan.

Terima kasih telah membaca artikel kami mengenai pengertian dan fungsi printer.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Taufik Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -